Senin, Maret 30, 2009

Kuliah Online, why not ???

Tampaknya mulai sekarang impian saya tentang Internet University mulai dapat kita nikmati. Tidak main-main, kita dapat menikmati kuliah di universitas hebat seperti MIT, Stanford, Harvard atau Princeton dengan dosen dan professor terhebatnya. Siapa yang tidak mengimpikan universitas dengan fasilitas lengkap, pusat riset tehnologi terdepan, tempat mahasiswa berkualitas jempolan dari seluruh dunia. Lulusan-lulusannya kini bercokol di perusahaan berkelas dunia, lembaga riset paling top atau mengajar lagi di kampus top pula. Pokoknya serba T.O.P deh...!

Nah, berkat jasa Richard Ludlow, dosen di Universitas Yale, New England, USA, kita dapat menikmati kuliah online. Ia mendirikan situs Academic Earth yang berisi ribuan materi kuliah yang dibawakan dosen-dosen dari universitas terkenal seperti diatas. Ide mendirikannya sendiri karena ketidaksengajaan ketika mencari bahan untuk kelas aljabar linier dari internet, ia menemukan video kuliah online dari Gilbert Strang, seorang profesor matematika di MIT.

Kita dapat menikmati kuliah dari berbagai disiplin keilmuan yang dikelompokkan untuk dapat dicari dengan mudah. Selain itu video juga dapat dicari berdasar nama dosen dan asal universitasnya. Menarik sekali karena ada juga kuliah dari dosen tamu yang bernama Larry Page, pendiri Google, CEO Yahoo Carol Bartz, dan masih banyak dosen tamu lainnya.

Sayangnya sebagai WNI aseli seperti saya yang phobia dengan bahasa Inggris, mulai sekarang harus belajar banyak, terutama listening sambil menunggu barangkali nanti diberikan fasilitas subtitle seperti youtube. Rencananya memang masih banyak yang akan ditambahkan ke situs ini seperti iklan, materi konferensi, hasil penelitian, form komentar dan download dalam bentuk MP3. Pokoknya lengkap deh.

Jika dahulu ivan illich memberikan gagasan masyarakat tanpa sekolah, mungkin dia yang pertama patut berbangga karena mungkin saja pada beberapa puluh tahun lagi bisa tercapai. Setidaknya saat ini kita dapat menikmati kuliah di dunia maya dengan situs video online, e-Learning, wiki, manual page, atau bahkan Google Scholar. Tentu saja kita tidak akan mendapatkan ijazah. Jika sekarang sudah ada perpustakaan umum, kita berharap segera ada yang memprakarsai adanya laboratorium umum sehingga semakin lengkaplah kuliah mandiri ini.

Yah meskipun keahlian dan bahkan kepakaran hasil kuliah mandiri ini bisa saja lebih hebat dari mahasiswa sejati, kita tidak bisa berharap banyak akan bisa dipercaya tanpa embel-embel IJAZAH dan identitas FORMAL, apalagi kita hidup di INDONESIA. Lebih baik kuliah di universitas fiktif dengan ijazah siluman. Yang penting MASTER, yang penting DOKTOR trus ikutan NYALEG. Karir pun sukses. oke!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Add comment here...